Prinsip Manajemen Mutu/ Quality Management Principles
Manajemen mutu/ Quality management adalah rangkaian tindakan yang digunakan untuk menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan atau organisasi agar memastikan kualitas barang atau jasa yang diproduksinya.
Prinsip manajemen mutu/ Quality management principles adalah satu set dasar keyakinan, norma, aturan dan nilai-nilai yang diterima benar dan dapat digunakan sebagai dasar untuk manajemen mutu.
QMP 1 – Fokus pada pelanggan
Fokus utama dari manajemen mutu adalah untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan berusaha untuk melampaui harapan pelanggan.
Manfaat dari fokus pada pelanggan:
- Peningkatan nilai pelanggan
- Peningkatan kepuasan pelanggan
- Peningkatan loyalitas pelanggan
- Peningkatan bisnis berulang
- Peningkatan reputasi organisasi
- Basis pelanggan yang diperluas
- Peningkatan pendapatan dan pangsa pasar
QMP 2 – Kepemimpinan
Pemimpin di semua tingkatan membangun kesatuan tujuan dan arah dan menciptakan kondisi di mana orang-orang terlibat dalam mencapai tujuan mutu organisasi.
Manfaat dari adanya kepemimpinan:
- Peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam memenuhi sasaran mutu organisasi
- Koordinasi yang lebih baik dari proses organisasi
- Peningkatan komunikasi antara tingkat dan fungsi organisasi
- Pengembangan dan peningkatan kemampuan organisasi dan orang-orangnya untuk memberikan hasil yang diinginkan
QMP 3 – Keterlibatan orang
Orang-orang yang kompeten, diberdayakan, dan terlibat di semua tingkatan di seluruh organisasi sangat penting untuk meningkatkan kemampuannya dalam menciptakan dan memberikan nilai.
Manfaat dari prinsip adanya keterlibatan/kontribusi orang:
- Peningkatan pemahaman tentang sasaran mutu organisasi oleh orang-orang dalam organisasi dan peningkatan motivasi untuk mencapainya
- Peningkatan keterlibatan orang dalam kegiatan perbaikan
- Peningkatan pengembangan pribadi, inisiatif dan kreativitas
- Peningkatan kepuasan orang
- Meningkatkan kepercayaan dan kolaborasi di seluruh organisasi
- Peningkatan perhatian pada nilai dan budaya bersama di seluruh organisasi
QMP 4 – Pendekatan proses/ Process approach
Hasil yang konsisten dan dapat diprediksi dicapai lebih efektif dan efisien ketika aktivitas dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait yang berfungsi sebagai sistem yang koheren.
Manfaat dari adanya prinsip pendekatan proses/ process approach:
- Peningkatan kemampuan untuk memfokuskan upaya pada proses utama dan peluang untuk perbaikan
- Hasil yang konsisten dan dapat diprediksi melalui sistem proses yang selaras
- Kinerja yang dioptimalkan melalui manajemen proses yang efektif, penggunaan sumber daya yang efisien, dan pengurangan hambatan lintas fungsi
- Memungkinkan organisasi untuk memberikan kepercayaan kepada pihak yang berkepentingan mengenai konsistensi, efektivitas dan efisiensinya
QMP 5 – Peningkatan/ Improvement
Organisasi yang sukses memiliki fokus berkelanjutan pada perbaikan.
Manfaat dari adanya prinsip peningkatan/ improvement:
- Peningkatan kinerja proses, kemampuan organisasi dan kepuasan pelanggan
- Peningkatan fokus pada investigasi dan penentuan akar penyebab, diikuti dengan tindakan pencegahan dan perbaikan
- Peningkatan kemampuan untuk mengantisipasi dan bereaksi terhadap risiko dan peluang internal dan eksternal
- Pertimbangan untuk meningkatkan terobosan secara bertahap
- Peningkatan penggunaan pembelajaran untuk perbaikan
- Peningkatan dorongan untuk inovasi
QMP 6 – Pengambilan keputusan berbasis bukti
Keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi lebih mungkin untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.
Manfaat dari adanya prinsip pengambilan keputusan berbasis bukti:
- Peningkatan proses pengambilan keputusan
- Peningkatan penilaian kinerja proses dan kemampuan untuk mencapai tujuan
- Peningkatan efektivitas dan efisiensi operasional
- Peningkatan kemampuan untuk meninjau, menantang dan mengubah pendapat dan keputusan
- Peningkatan kemampuan untuk menunjukkan efektivitas keputusan masa lalu
QMP 7 – Manajemen hubungan
Untuk kesuksesan yang berkelanjutan, sebuah organisasi mengelola hubungannya dengan pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pemasok.
Manfaat Utamadari adanya prinsip manajemen hubungan:
- Peningkatan kinerja organisasi dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan menanggapi peluang dan kendala yang terkait dengan masing-masing pihak yang berkepentingan
- Pemahaman bersama tentang tujuan dan nilai di antara pihak-pihak yang berkepentingan
- Peningkatan kemampuan untuk menciptakan nilai bagi pihak yang berkepentingan dengan berbagi sumber daya dan kompetensi serta mengelola risiko terkait kualitas
- Rantai pasokan yang dikelola dengan baik yang menyediakan aliran barang dan jasa yang stabil
Sumber: iso.org
SOCIAL MEDIA
Let’s relentlessly connected and get caught up each other.
Looking for tweets ...