People Innovation Excellence

Pentingnya Persiapan Organisasi dalam mengantisipasi Keadaan Darurat

Setiap organisasi dalam menjalankan aktivitas hariannya tidak terlepas dari berbagai macam resiko-resiko yang mampu mengganggu bahkan menghentikan aktivitas operasional organisasi. Mulai dari pemadaman listrik, kebakaran, huru-hara, terorisme, demonstrasi, bencana alam serta kejadian-kejadian lainnya yang mengganggu operasional organisasi. Hal- hal tersebut merupakan contoh nyata betapa organisasi memiliki kerentanan terhadap resiko-resiko itu.

Di era sekarang ini organisasi mulai menerapkan perencanaan serta tindakan pencegahan terhadap situasi keadaan darurat, entah berasal dari peraturan yang diwajibkan oleh regulator maupun tindakan inisiatif organisasi tersebut. Siap tidak siap organisasi harus memahami betapa pentingnya persiapan tanggap daurat dalam hal untuk mempersiapkan keberlangsungan operasi organisasi, meminimalisir resiko yang terjadi akibat kejadian-kejadian bencana atau darurat, melakukan evakuasi jika diperlukan serta menciptakan lingkungan organisasi yang aman bagi seluruh stakeholder yang bernaung di lingkup organisasi tersebut.

Dalam artikel ini kami ingin menjelaskan dua pertanyaan penting yang menyangkut persiapan tanggap darurat beserta penjelasannya agar memudahkan untuk memahami:

Mengapa persiapan tanggap darurat penting dilakukan?” Jawab: Karena dengan planning jelas serta tindakan yang tepat maka organisasi dapat mencegah ataupun setidaknya meminimalisir resiko dan kerugian yang timbul akibat dari keadaan bencana atau darurat baik itu berupa korban, asset, maupun terganggunya aktivitas operasional organisasi.

“Apa yang terjadi jika organisasi tidak melakukannya?” Jawab: Stress dan kebingungan yang ditimbulkan akibat bencana atau keadaan darurat dapat mengganggu operasional organisasi dan bahkan menyebabkan organisasi gagal beroperasi. Walaupun Bencana atau keadaan darurat tidak dapat diprediksi secara tepat kapan itu terjadi, namun persiapan perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko. Kegagalan dalam menyiapkan perencanaan terhadap keadaan bencana dan darurat dapat meningkatkan kemungkinan organisasi gagal dalam menghadapi bencana tersebut bahkan beberapa organisasi tidak mampu bertahan lagi.

Berikut pemaparan peranan dari persiapan keadaan darurat di organisasi. Organisasi yang baik mampu menghadapi segala tantangan yang ada didepannya termasuk kemungkinan-kemungkinan seperti bencana dan keadaan darurat. ”It wasn’t raining when Noah built the ark.” – Howard Ruff

 

Sumber:

NIST. 2015. Baldrige Excellence Framework 2015-2016. Gaithersburg: United States Department of Commerce.

Brown, Mark G. 2014.  Baldrige Award Winning Quality 18th Edition 2013-2014 Award Criteria. Boca Raton: CRC Press.

Blazey, Mark L. Insight to Perfromance Excellence 2015 – 2016: Using the integrated Management System and the Baldrige Framework. Milwaukee: ASQ Quality Press.

http://welbeck.com/disaster-preparedness-plan/disaster-preparedness-quotes/


Published at : Updated
Written By
Ilham Condro Prabowo
Quality Improvement Officer | Binus University

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close