People Innovation Excellence
 

“Intelligent Risk Taking (Pengambilan Resiko Secara Cerdas)”

Kata Resiko sudah familiar di telinga kita, baik di kehidupan sehari-hari maupun lingkup organisasi. Resiko dapat kita cegah, minimalisir, bahkan kita hindari. Namun apa dampaknya jika kita benar-benar menghindari resiko?

Take-Intelligent-Risks

Dalam study, Charles Hampden Turner (Charting the Corporate Mind, New York: The Free Press, 1990, p. 17) Manager mengidentifikasi dua elemen penting untuk berinovasi : (1) Mendukung pengambilan resiko dan perubahan, dan (2) Mentolerir kesalahan. Pembelajaran yang didapat dari study tersebut bahwa mengecilkan peluang pengambilan resiko dan menghindari resiko juga berdampak pada penurunan atau berkurangnya kesempatan ber-Inovasi .(dikutip dari tulisan Dr. Harry Hertz).

Intelligent Risk

Konsep “Intelligent Risk” menurut criteria Baldrige adalah Kesempatan atau peluang dibalik risiko dimana keuntungannya lebih besar dibanding  potensi kerugian yang diakibatkan dan jika perusahan tidak mengeksplorasi risiko tersebut maka akan berpengaruh pada  keberlangsungan hidup perusahaan”.

Dr.Harry Hertz Menganalogikan pengambilan resiko cerdas seperti menyalakan api, jika kita menghindari api secara utuh, maka kita akan mendapati makanan yang dingin, rumah yang dingin, air pemandian yang dingin, Namun jika menggunakan api secara cerdas akan membuat kehidupan lebih baik dan nyaman. Sebaliknya jika kita menggunakan api secara ceroboh, maka akan membakar serta dapat menghilangkan asset kita.

Dengan mengidentifikasi Intelligent Risk secara tepat, organisasi diharapkan mampu memaksimalkan peluang strategis yang ada melalui pengembanganan Inovasi organisasi, sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi menuju kinerja yang Ekselen.

Sumber:

Baldrige Excellence Framework 2015 -2016

http://kinerjaunggul.com/intelligent-risk-taking-cerdas-mengambil-risiko/

http://www.nist.gov/baldrige/insights_1210.cfm

Photo Courtesy:

https://www.linkedin.com/pulse/you-taking-intelligent-risks-olivier-legrand

http://williamalexandersapon.blogspot.co.id/2015/02/intelligent-risk-taking.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close