People Innovation Excellence
 

Membandingkan Bisnis dan Strategi Militer

Studi manajemen strategis didasari dari warisan militer yang sangat kuat. Istilah-istilah seperti tujuan, misi, kekuatan, dan kelemahan pertama kali diformulasikan untuk mengatasi masalah di medan perang. Dalam buku Webster’s New World Dictionary, strategi adalah ilmu dalam merencanakan dan mengarahkan operasi militer dalam skala besar, untuk memasukan pasukan ke dalam posisi yang paling menguntungkan sebelum terjadi kontak langsung dengan musuh. “Kata Strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu “strategos”, yang mengacu pada jenderal militer dan penggabungan antara “Stratos” (tentara) dan “Ago” (memimpin). Sejarah perencanaan strategis dimulai pada bidang militer. Tujuan utama dari bisnis dan strategi militer adalah “untuk mendapatkan keuntungan kompetitif.” Dalam banyak hal, strategi bisnis seperti strategi militer, dan Startegi dari para ahli militer telah banyak dipelajari selama berabad-abad dan dapat pula digunakan dalam strategi bisnis pada saat ini. Baik Organisasi bisnis dan Organisasi militer keduanya berusaha menggunakan keunggulan mereka untuk mengeksploitasi kelemahan pesaing. Jika keseluruhan strategi organisasi salah (tidak efektif), maka semua efisiensi yang dilakukan tidak cukup untuk mencapai keberhasilan organisasi. Keberhasilan organisasi bisnis dan militer pada umumnya bukan hasil dari sebuah strategi yang kebetulan. Sebaliknya, keberhasilan adalah produk dari perhatian secara terus menerus terhadap perubahan kondisi eksternal dan internal, formulasi serta pelaksanaan perubahan adaptasi strategi terhadap kondisi tersebut. Unsur kejutan memberikan keunggulan kompetitif besar bagi strategi militer dan bisnis; sistem informasi yang menyediakan data tentang strategi dan sumber daya lawan ‘atau pesaing juga sangat penting.

 Tentu saja, perbedaan mendasar antara militer dan strategi bisnis adalah bahwa strategi bisnis dirumuskan, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan asumsi kompetisi, sedangkan strategi militer didasarkan pada asumsi konflik. Meskipun begitu, konflik dalam militer dan persaingan usaha sangatlah mirip, banyak teknik manajemen strategis yang dapat berlaku untuk keduanya. Pelaku Strategi bisnis memiliki akses ke wawasan para pemikir militer yang telah disempurnakan dari waktu ke waktu. Dengan perumusan strategi yang superior serta implementasi yang baik dapat mengatasi keunggulan lawan dalam hal  jumlah dan sumber daya.

 Baik Bisnis dan organisasi militer harus terus beradaptasi dengan perubahan dan terus-menerus meningkatkan serta memperbaiki diri untuk menjadi sukses. Terlalu sering kita melihat, perusahaan-perusahaan tidak mengubah strategi bisnis mereka ketika lingkungan mereka dan kondisi persaingan bisnis telah berubah.

Referensi:

David, Fred R. 2011. “Strategic Management Concept and Cases 13th Edition.New Jersey : Pearson Education.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close