People Innovation Excellence

Dr. William Edwards Deming : “Sosok Yang Berjasa Dibalik Pesatnya Pertumbuhan Ekonomi Jepang Setelah Perang Dunia II”

Beliau dikenal sebagai Ahli Matematika, Statistik dan salah satu tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan manajemen kualitas. Buah pikirnya bahkan menjadi inspirasi bagi industri–industri di Jepang hingga mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan pada dekade 1950 – 1960. Berikut profil singkat dari Dr. William Edwards Deming. Beliau dilahirkan di Sioux City, Iowa, Amerika Serikat pada tanggal 14 Oktober 1900. Ayahnya pernah mengenyam pendidikan dalam bidang hukum dan matematika sedangkan Ibunya dalam bidang musik. Kedua orang tua beliau memang sangat peduli terhadap pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka. Tak heran jika Dr. William Edwards Deming memiliki kemauan yang kuat dalam mengenyam pendidikan, walaupun biaya pendidikan beliau harus di tanggung sendiri.

Edwards Deming pernah menempuh pendidikan di University of  Wyoming dan meraih gelar sarjananya dalam bidang teknik elektro (1921), kemudian melanjutkan pendidikan magisternya di University of Colorado di bidang matematika fisika (1925), dan pendidikan doktoral di Yale University (1928) di bidang yang sama dengan pendidikan magisternya. Pada masa awal karir profesionalnya beliau pernah bekerja di Departemen Agrikultur, Amerika Serikat (USDA) (1927 -1939) kemudian pindah bekerja di Biro Sensus pemerintah Amerika Serikat hingga tahun 1946. Setelah keluar dari Biro Sensus, Edward Deming memulai pekerjaan barunya sebagai konsultan swasta dan pada saat yang bersamaan beliau juga menjadi Profesor di bidang Statistik di New York University.

Kisah awal kesuksesannya di Jepang, dimulai pada tahun 1947 saat Jendral MacArthur, komandan tertinggi pasukan sekutu menggunakan jasa beliau untuk melakukan sensus di Jepang. Selama proses sensus tersebut beliau banyak berteman dengan ilmuwan-ilmuwan serta insinyur-insinyur Jepang yang tergabung dalam serikat atau (JUSE). Ilmuwan JUSE tertarik untuk mempelajari statistical process control dan konsep Quality Management-nya untuk di terapkan pada industri-industri di Jepang. Pada tahun 1950, Edward Deming memulai pelatihan tentang statistic process control dan konsep Quality management kepada para managers, insinyur, sarjana bahkan para top managers di Jepang pun pernah mengikuti paling tidak satu kali seminar yang beliau berikan. Atas jasanya tersebut pada tahun 1951 pemerintah Jepang menyelenggarakan program reward bagi para pelaku yang berkontribusi terhadap penerapan dan pengembangan total quality management dengan nama “Deming Prize” yang diambil dari nama beliau.

Konsep dasar beliau yang dikenal dengan “Deming Philosophy” mengajarkan bahwa penggunaan manajemen  yang tepat dan baik akan membawa organisasi meningkatkan kualitas mereka. Dengan meningkatnya kualitas maka secara bersamaan akan mengurangi biaya-biaya dari organisasi tersebut. Menurut beliau kuncinya adalah perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus dan peningkatan kualitas akan membawa organisasi kearah yang lebih baik di masa yang akan datang.

Daftar Pustaka

Austenfield Jr., Robert. 2001. W. Edwards Deming: The Story Of Truly Remarkable Person. Papers Of Research Society Of Commerce And Finance Vol. XXXXII No. 1

Evans, James R. dan William M. Lindsay. 2011. The Management and Control of Quality. Kanada: South-Western Cengage Learning

http://www.biography.com/people/w-edwards-deming-9271287

https://deming.org/theman/timeline

http://en.wikipedia.org/wiki/W._Edwards_Deming

http://en.wikipedia.org/wiki/Deming_Prize

http://www.skymark.com/resources/leaders/deming.asp


Published at : Updated
Written By
Ilham Condro Prabowo
Quality Improvement Officer | QMC - Binus University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close